Makanan Penyebab Usus Buntu

Salah satu faktor penyebab penyakit usus buntu adalah makanan yang kita konsumsi, dan berikut ini adalah makanan penyebab usus buntu yang sebaiknya dikurangi guna menurunkan resiko terkena penyakit usus buntu.

Makanan Penyebab Usus Buntu

Makanan Penyebab Usus Buntu

Penyakit usus buntu adalah kondisi dimana usus buntu mengalami peradangan yang mana kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja mulai dari usia 10 hingga 30 tahun dan kasusnya lebih sering terjadi pada pria dibandingkan dengan wanita.

Penyebab pasti akan munculnya penyakit usus buntu belum diketahui secara pasti, akan tetapi pada ahli kesehatan meyakini bahwa sumbatan pada usus buntu merupakan sebab utama dari munculnya penyakit tersebut.

Sumbatan yang terjadi bisa bersifat parsial atau menyeluruh dan apabila sumbatan tersebut sudah parah harus ditangani dengan cara bedah operasi.

Tersumbatnya usus buntu secara umum akibat dari akumulasi kotoran yang mengeras atau bisa juga disebabkan oleh beberapa hal berikut ini, yakni :

  • Folikel limfoid yang membesar
  • Cacing
  • Trauma
  • Tumor

Tersumbatnya usus buntu bisa menjadi media untuk berkembang biaknya bakteri didalam organ usus buntu yang mana dapat menimbulkan peradangan dan terbentuknya nanah, dan apabila kondisi tersebut sudah terjadi maka biasanya orang yang mengalami akam merasakan keluhan berupa nyeri perut yang luar biasa hebatnya.

Yang perlu diwaspadai adalah ketika usus buntu yang sudah meradang tidak mendapatkan penanganan yang serius maka bisa pecah sehingga mengalami kebocoran. Jika hal tersebut terjadi maka bakteri bisa menyebar kebagian tubuh lainnya melalui rongga perut sehingga bisa berakibat fatal yakni menyebabkan kematian.

Itulah mengapa sangat penting bagi penderita penyakit usus buntu untuk segera melakukan tindakan pengobatan jika mulai merasakan beberapa gejala usus buntuk seperti :

  1. Nyeri perut muncul hilang
  2. Kehilangan nafsu makan.
  3. Perut kembung.
  4. Tidak bisa buang gas.
  5. Mual dan muntah.
  6. Konstipasi atau diare.
  7. Demam.

Segera lakukan tindakan penanganan dan pengobatan yang serius jika beberapa gejala tersebut mulai anda rasakan atau temukan pada orang terdekat anda dengan menemui dokter atau melakukan pengobatan sendiri dirumah yakni dengan cara alami. ( Baca : Cara Mengobati Usus Buntu Secara Alami )

Benarkah, Makanan Penyebab Usus Buntu ?

Banyak yang berpendapat bahwa salah satu faktor penyebab munculnya penyakit usus buntu adalah makanan utamanya makanan pedas dan berbiji. Namun benarkan demikian ?

Faktanya makanan bukanlah penyebab langsung dari penyakit usus buntu melaikan sebagai salah satu faktor yang bisa meningkatkan resiko terkena penyakit usus buntu.

Hal tersebut karena beberapa makanan bisa menimbulkan potensi terganggunya kelancaran saluran cerna sehingga menyebabkan BAB tidak lancar, feses keras hingga bisa meningkatkan resiko terjadinya usus buntu bahkan kanker usus.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan penyebab usus buntu secara tidak langsung karena bisa menyebabkan konstipasi atau sembelit, yakni :

1). Pisang Muda

Pisang dikenal sangat baik untuk melancarkan pencernaan kok bisa menyebabkan usus buntu ? hal tersebut benar adanya jika pisang yang dikonsumsi sudah matang benar.

Adapun jika pisang yang dikonsumsi masih muda atau belum matang benar maka bisa menyebabkan konstipasi dan memicu radang usus buntu. Hal tersebut karena pisang yang masih mudah mengandung zat tepung yang susah dicerna serta mengandung serat ( pectin ) yang dapat menyerap air dalam saluran cerna sehingga akan menyebabkan sembelit.

2). Makanan Berkafein

Selain pisang, jenis makanan berkafein juga bisa menyebabkan penyakit usus buntu, hal tersebut karena dalam kondisi tertentu yakni kondisi dehidrasi ( tubuh kekurangan cairan ) kafein bisa memicu sembelit karena feses yang mengeras.

Beberapa contoh makanan yang mengandung kafein adalah kopi, teh, cola dan cokelat.

3). Gandum Hitam

Selanjutnya makanan penyebab usus buntu secara tidak langsung adalag gandum hitam dan barley. Keduanya mengandung gluten yakni protein yang bisa menyebabkan radang usus buntu utamanya bagi orang yang menderita penyakit celiac disarankan untuk tidak mengkonsumsi gandum.

4). Kesemek

Buah yang satu ini ternyata bisa menjadi penyebab timbulnya penyakit usus buntu utamanya jika buah kesemek yang dikonsumsi belum matang sehingga memiliki rasa asam karena buah kesemek yang masih asam bisa memperlambat pergerakan makanan pada usus sehingga menyebabkan sembelit.

5). Daging Merah

Bagi anda yang menyukai daging merah perlu diketahui bahwa salah satu dampak buruk dari seringnya mengkonsumsi daging merah adalah bisa menyebabkan usus buntu.

Hal tersebut karena daging merah mengandung lemak dan zat besi tinggi sehingga akan lebih lama dicerna oleh usus. Proses yang lama ini umumnya akan menyebabkan sembelit diawal dan apabila dibiarkan bisa meningkatkan resiko radang usus buntu.

6). Produk Olahan Susu

Pada dasarnya olahan susu baik untuk kesehatan, namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak bisa meningkatkan resiko radang usus buntu karena jenis makanan tersebut mengandung banyak latosa yang dapat menyebabkan pengingkatan gas dan sembelit.

Beberapa contoh olah susu adalah : keju, yogurt dan susu kemasan.

7). Burger Dan Kentang Goreng

Kedua makanan ini termasuk makanan cepat saji yang kandungan lemaknya tingginya dimana lemak tersebut bisa menyebabkan proses pencernaan menjadi lambat jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, ujung-ujungnya bisa menyebabkan konstipasi dan peradangan usus buntu.

Maka dari itu sebaiknya hindari dan kurangi porsi makanan siap saji dengan kandungan lemak tinggi dan perbanyaklah konsumsi makanan yang bernutrisi seimbang utamanya yang mengandung banyak serat guna menjaga dan memelihara kesehatan pencernaan anda.

Itulah beberapa makanan penyebab usus buntu secara tidak langsung, mengingat sejauh ini tidak ada makanan yang jika dikonsumsi terus menerus bisa menyebabkan penyakit usus buntu. Namun jika anda yang ingin terhindari dari penyakit usus buntu maka alangkah baiknya jika mulai saat ini anda mengontrol dan mengurangi konsumsi beberapa makanan tersebut.

Demikianlah informasi singkat tentang makanan penyebab usus buntu ini, semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda sekaligus menambah wawasan anda, terima kasih banyak sudah menyimak dan salam sehat.

Baca Juga :

Cara Mengobati Usus Buntu Tanpa Operasi

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *